Spesifikasi dan Harga Tablet Microsoft Surface Pro 3


Microsoft mengumumkan dan memperkenalkan produk tablet terbarunya yang bernama Surface Pro 3. Perangkat tablet ini merupakan generasi baru Surface yang mengalami atau mendapatkan perubahan desain dan kemampuan serta software yang terdapat didalamnya.

Pengumuman kehadiran dan peluncuran tablet Surface Pro 3 disampaikan oleh CVP Microsoft, Panos Panay, hari ini di New York, Amerika. Menurutnya perangkat tablet Microsoft Surface Pro 3 ini dirancang sebagai tablet yang juga berfungsi sebagai laptop dan PC yang powerfull.

Panos Panay menyampaikan bahwa Microsoft Surface Pro 3  memiliki layar dengan teknologi full HD yang berukuran 12 inci. Teknologi dan ukuran layar ini merupakan jawaban Microsoft atas kebutuhan pengguna tablet yang masih membutuhkan laptop walaupun telah memiliki perangkat tablet.

Dengan dimensi produk berukuran 292mm x 201.3mm x 9.1mm, Panos Panay mengungkapkan bahwa Surface Pro 3 30% lebih tipis dibandingkan dengan perangkat Apple MacBook Air 11 inci.

Dalam pengumuman tersebut, Panay tampil mendemonstrasikan keunggulan tablet Surface Pro 3, diantaranya yaitu memfungsikan Surface Pro 3 sebagai laptop dengan aksesoris keyboard, dan memamerkan fungsi Surface Pro 3 sebagai PC dengan tambahan aksesoris Docking Station dan sebuah mouse.

Fungsi lain yang diperlihatkan adalah kelebihan Surface Pro 3 ketika dipadukan dengan pulpen stylust yang mampu melakukan edit dokumen, membuat catatan, dan menggambar. Hasil dari penggunaan stylust tersebut nantinya dapat diakses melalui Microsoft Word dan Photoshop.

Surface Pro 3 yang didukung dengan prosesor Intel Core generasi keempat mampu menjalankan program Adobe Photoshop. Untuk mengubah tambilan menjadi besar atau kecil serta merotasinya, penggunanya dengan mudah dapat melakukan dengan sentuhan jari tangan.



Keyboard yang juga sebagai cover Surface Pro 3 bisa memposisikan tablet dalam berbagai sudut kemiringan sehingga nyaman digunakan saat dipangkuan ataupun digunakan diatas meja. Disamping itu, perangkat tablet ini juga dilengkapi dengan stylust bernama Surface Pen. Dari segi bentuk dan ukuran, Stylust ini dirancang layaknya pulpen sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan. Dengan menggunakan Surface Pen akan memudahkan penggunanya karena bisa langsung membuka program OneNote dengan hanya menekan bagian atas Surface Pen. Memberikan tekanan pada bagian atas stylust ini juga dapat memfungsikan kamera untuk memotret. 

Microsoft Surface Pro 3 berjalan dengan sistem operasi atau OS Windows 8.1 Pro yang mampu menampilkan dua jendela secara bersamaan, satu jendela menjalankan aplikasi pemutar video dan jendela lainnya membuka aplikasi lain.



Surface Pro 3 hadir dengan 3 pilihan prosesor yaitu Intel Core i3, i5, dan i7. Perangkat ini dipasarkan dengan banderol harga $799. Mulai hari ini, 20 Mei 2014 Microsoft mulai melakukan penjualan pre-order via Microsoftstore.com dan toko lainnya.

Berikut ini spesifikasi lengkap tablet Microsoft Surface Pro 3 sebagaimana situs resmi Microsoft :

Surface Pro 

Technical Specifications

  • Size
    11.5” x 7.93” x 0.3”
    (292mm x 201.3mm x 9.1mm)
  • Weight
    1.76lbs
    (800 grams)
  • Display
    Screen: 12” ClearType Full HD Plus
    Resolution: 2160 x 1440
    Aspect Ratio: 3:2
    Touch: Multi-touch
  • Battery Life
    Up to 9 hours of web browsing4
  • Storage2/RAM
    64GB or 128GB storage with 4GB RAM
    256GB or 512GB storage with 8GB RAM
  • Processor
    4th generation Intel® Core i3, i5 or i7
    TPM Chip for enterprise security
  • Network
    Wireless: Wi-Fi 802.11ac/802.11 a/b/g/n
    Bluetooth® 4.0 Low Energy technology
  • Location
    Digital Compass
  • Ports
    Full-size USB 3.0
    microSD™ card reader
    Headset jack
    Mini DisplayPort
    Cover port
  • Software
    Windows 8.1 Pro
  • Cameras, Video and Audio
    5.0 megapixel rear-facing camera
    5.0 megapixel front-facing camera
    Stereo microphones
    Stereo speakers with Dolby® sound
  • Sensors
    Ambient light sensor
    Accelerometer
    Gyroscope
    Magnetometer
  • Kickstand positions
    Multiple
  • What's in the box
    Surface Pro 3
    Surface Pen
    36W Power supply
    Quick Start Guide
    Safety and warranty documents