Cara Menghapus Junk File di Android

Bagi anda pengguna smartphone berbasis sistem operasi atau OS Android dan mengalami kinerja tablet atau ponsel yang lemot untuk mengeksekusi atau melaksanakan perintah, sebaiknya periksalah jumlah junk file atau file sampah di perangkat anda. Jika jumlah junk file atau file sampah pada perangkat anda cukup besar maka dapat dipastikan hal tersebut menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphone. Banyaknya jumlah file sampah pada perangkat Android menyebabkan semakin sempitnya ruang kapasitas memori yang tersisa, apalagi jika perangkat anda banyak terdapat aplikasi pre-installed.

Pengguna Android tak perlu khawatir terhadap banyaknya jumlah junk file diperangkatnya sebab saat ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu membersihkan file sampah tersebut. Dengan menyapu bersih file sampah di Android maka kapasitas ruang penyimpanan data internal menjadi lebih besar dan perangkat Android pun mampu melaksanakan perintah lebih cepat tanpa perlu rooting atau memindahkannya ke eksternal memori. Dalam beberapa ketentuan vendor pabrikan smartphone dan tablet, proses rooting bisa menghanguskan garansi.

Dengan menghapus file sampah maka perangkat Android memiliki ruang kapasitas penyimpanan yang lebih luas. Berikut ini aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat Android untuk menghapus junk file atau file sampah seperti file download dan data cache yang masih tersimpan.

ES File Explorer 
Aplikasi ini berfungsi mengatur file-file mana saja yang ingin disimpan dan dihapus, seperti file hasil download, email, dan lainnya, aplikasi file manager juga dapat dipakai, seperti ES File Explorer. Aplikasi ini terhubung dengan layanan penyimpanan data cloud, seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.
Aplikasi ini tak hanya membantu untuk menghapus dan membersihkan file sampah, namun dapat juga digunakan untuk melakukan proses backup file (misal : foto atau video) ke situs penyimpanan data sebagaimana tersebut diatas.

1 Tap Cleaner dan Clean Master 
Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menghapus file-file cached yang tidak terpakai. Perlu diketahui bahwa apabila file cached tidak dibersihkan atau dihapus maka file-file tersebut akan menumpuk. Terlebih lagi kalau smartphone Android tersebut mempunyai berbagai macam aplikasi. Tidak ada salahnya para pengguna Android untuk mencoba aplikasi Clean Master untuk membersihkan dan menghapus junk file.

Demikan tulisan  mengenai tips dan cara membersihkan dan menghapus junk file atau file sampah di perangkat Android. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.@