SAMSUNG GALAXY C9 PRO, RAM 6 GB


KOMPAS.com - Sembari menunggu kehadiran Galaxy S8, Samsung Indonesia agaknya bakal memasarkan smartphone lain terlebih dahulu. Perangkat tersebut adalah Galaxy C9 Pro, produk yang baru saja dirilis pada pertengahan Januari lalu.
Informasi kemungkinan segera hadirnya Galaxy C9 Pro di Indonesia didapat KompasTekno setelah mengamati situs balai sertifikasi Ditjen SDPPI Kemenkominfo.
Menurut pantauan KompasTekno di situs Ditjen SDPPI, Rabu (15/3/2017), Samsung Electronics Indonesia telah mengajukan permohonan pengujian perangkat berjenis pesawat telepon seluler dengan model SM-C900F/DS. Status terakhir pengujian sudah mencapai "Sertifikat Dicetak" alias lulus semua tahapan pengujian pada tanggal 6 Maret lalu.
Penelusuran lain terhadap nomor model SM-C900F/DS memang mengacu kepada Galaxy C9 Pro.

Situs tersebut juga mencantumkan tempat manufaktur perangkat, yakni di Indonesia. Artinya, proses perakitan sudah melibatkan sumber daya di Tanah Air.
Menurut pantauan lain KompasTekno dari situs Kemenperin, Galaxy C9 Pro sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar lebih dari 30 persen.
Artinya lagi, perangkat tersebut sudah memenuhi aturan TKDN tahun 2017 yang menyatakan bahwa vendor harus memenuhi 30 persen TKDN untuk menjual produk dengan kemampuan 4G di Indonesia.
Apakah perangkat ini sudah akan dijual di Tanah Air dalam waktu dekat?
Galaxy C9 Pro sendiri merupakan smartphone berbasis Android dengan spesifikasi yang lumayan tinggi. Ia dilengkapi dengan layar Super AMOLED berbentang 6 inci Full HD (1.920 x 1.080).
"Otak" pemrosesannya diserahkan kepada chipset Snapdragon 653. Yang menjadi spesial adalah RAM-nya yang sebesar 6 GB. Keduanya masih dikombinasikan lagi dengan media penyimpanan 64 GB yang bisa diperluas menggunakan kartu microSD berkapasitas hingga 256 GB.
Galaxy C9 Pro dibekali dengan kamera 16 megapiksel dengan bukaan f/1.9 di depan dan belakang. Baterainya sedikit lebih besar dari sang adik, yakni 4.000 mAh.
Galaxy C9 Pro sendiri akan menjalankan sistem operasi Android 6.0 "Marshmallow".
Masih belum diketahui, apakah spesifikasi Galaxy C9 Pro versi global itu akan sama dengan Indonesia atau tidak.

BANYAK DI BACA