Ini Dia Gadget Yang Akan Mendapat Update Android L


Google baru saja meluncurkan sistem operasi Android Lollipop pada dua perangkat Nexus 6 dan Nexus 9. Hadirnya sistem operasi Android 5.0 Lollipop atau Android L ini membuat banyak orang bertanya-tanya, kapan Android Lollipop dapat di update pada perangkat smartphone Samsung, HTC, LG, atau Motorola?

Pengguna smartphone Galaxy S5, LG G3, Xperia Z3, dan HTC One M8, mesti bersabar menunggu sebelum nantinya bisa menikmati OS Android 5.0 Lollipop. Masing-masing vendor nantinya akan memberikan pemberitahuan mengenai pembaharuan ke Android Lollipop setelah vendor-vendor tadi telah menerima kode utama Android L dari Google.

Kabarnya, Android L yang hadir di smartphone vendor besar tersebut mungkin tidak akan sama dengan Android 5.0 Lollipop asli milik Google, hal dikarenakan masing-masing vendor akan melakukan penyesuaian terhadap   Android Lollipop agar sesuai dengan perangkat mereka. Oleh sebab itu, jangan binggung jika nanti saat menerima update beberapa fitur di Android L Samsung Anda berbeda dengan yang dimiliki oleh Motorola atau LG.

Berikut adalah perkiraan jadwal peluncuran Android Lollipop di gadget-gadget Android milik Google, Motorola, HTC, Samsung, LG, dan Sony :

GOOGLE
Google merupakan pemilik sistem operasi Android Lollipop, perangkat tablet Nexus pastinya perhatian utama dari Google. Selain  Nexus 6 dan Nexus 9 yang menggunakan Android L, seri Nexus lama seperti Nexus 5, Nexus 4, Nexus 10, dan Nexus 7 akan mendapatkan update Android Lollipop dalam beberapa minggu ke depan. Diperkirakan update Android Lollipop untuk Nexus sekitar bulan November 2014.

MOTOROLA
Pembaharuan sistem operasi Android L untuk perangkat Motorola dijadwalkan pada akhir tahun 2014. Perangkat smartphone Motorola yang akan mendapat update Android L Moto X dan Moto G, termasuk Moto G 4G LTE, Moto E, Droid Ultra, Droid Maxx, dan Droid Mini.

HTC
Menurut HTC, dalam 90 hari ke depan (setelah menerima Android L dari Google), mereka akan mengeluarkan update untuk HTC One dan HTC One M8. Ini berarti kedua smartphone tersebut akan mendapat Android Lollipop sekitar bulan Januari atau awal Februari.

Sementara itu, HTC One mini/2 telah dijanjikan menerima update namun dengan tanggal yang belum jelas.
Dua smartphone lain HTC, yakni HTC One GPE dan HTC One M8 GPE dijadwalkan menerima update dalam beberapa minggu ke depan. Terdapat kemungkinan bila keduanya baru mendapat update Android 5.0 setelah HTC One dan HTC One M8.

SONY
Sony Xperia Z3 Compact dan Xperia Z3 tablet, diperkirakan akan mendapat update Android L pada beberapa minggu ke depan.
Sony dikabarkan akan meluncurkan update Android Lollipop di Xperia Z Ultra khusus Google Play Edition.
 
SAMSUNG
Samsung akan memberikan update Android 5.0 Lollipop untuk smartphone Galaxy S5, S4, dan S4 GPE, serta tablet Galaxy Note 4 dalam beberapa minggu ke depan. Apabila anda sebagai pengguna perangkat Galaxy Note 3 tak perlu khawatir, karena Samsung nampaknya juga akan merilis Android 5.0 untuk phablet tersebut.

LG
LG juga belum memberikan pernyataan mengenai jadwal peluncuran Android 5.0 Lollipop. Selain perangkat LG G3, kemungkinan LG akan memberikan pemberitahuan sistem operasi Android 5.0 untuk LG G2 Pro, G2, dan G Pro. LG diperkirakan akan merilis pembahruan Android Lollipop versi LG dalam beberapa minggu ke depan.

Demikian ulasan gadget mengenai Ini Dia Gadget Yang Akan Mendapat Update Android L. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.