Cara Menghemat Baterai Smartphone Android




Hampir semua pengguna smartphone merasakan bahwa kekuatan baterai pada perangkatnya tidak memiliki kekuatan baterai yang mampu bertahan seharian. Padahal dengan banyaknya aktivitas dan penggunaan gadget dalam aktivitas mobile sangat penting memiliki perangkat ponsel pintar dengan baterai yang hemat. 

Jika sebuah smartphone memiliki kapasitas baterai yang besar tentu akan sangat menunjang berbagai aktivitas sehingga tidak lagi bergantung pada powerbank. Bagi pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android yang perangkatnya tertanam chipset Qualcomm Snapdragon, kini bisa mendapatkan aplikasi penghemat baterai smartphone yaitu BatteryGuru.  

Qualcomm menciptakan aplikasi penghemat baterai Snapdragon BatteryGuru yang mampu mempelajari aktivitas pengguna saat menggunakan perangkat smartphone. Kemampuan aplikasi Snapdragon BatteryGuru ini dapat mengetahui berbagai aktivitas pengguna, misalnya ketika pengguna mengaktifkan atau menggunakan WhatsApp, Facebook, BlackBerry Messenger (BBM), email dan lainnya, namun tidak semua aplikasi tersebut sering digunakan maka Snapdragon BatteryGuru akan berfungsi dengan cara mengurangi frekuensi sinkronisasi terhadap aplikasi WhatsApp atau Facebook atau BlackBerry Messenger (BBM), dll.

Dengan tersedianya aplikasi ini pada perangkat smartphone ber-chipset Qualcomm Snapdragon maka daya/power baterai yang digunakan akan dikurangi disesuaikan dengan kebutuhan. BatteryGuru ini pertama akan observasi, enggak hanya jenis aplikasi, tetapi juga lokasi (pengguna). Dengan data yang dikumpulkan, sistem pada aplikasi ini akan melakukan modeling aplikasi, yaitu mampu membeda-bedakankan power mana yang digunakan. 

Dengan tersedianya aplikasi ini akan sangat membantu bagi para pengguna ponsel pintar untuk menghemat baterai perangkat smartphone. Demikian tulisan tentang tips dan cara menghemat baterai smartphone Android. Semoga bermanfaat.@ 

Baca Juga : Cara Lain Menghemat Baterai Smartphone